Selasa, 02 Oktober 2007

BENCHMARKING KUALITAS PELAYANAN HOSPITAL DI SINGAPURA & MALAYSIA (bag 1..)

Perjalanan benchmarking mempelajari quality management di berbagai hospital di Singapura dan Malaysia, sekitar Juni 2005 lalu sungguh suatu perjalanan yang mengasyikan. Banyak pelajaran berharga mengenai pelayanan rumah sakit di Singapura dan Malaysia. Kesan terhadap rumah sakit yang selama ini diketahui sebagai institusi yang syarat dengan pelayanan yang serba kurang hampir tidak ditemukan di empat rumah sakit yang dikunjungi.
Rombongan berangkat dari Bandara Hasanuddin Makassar sekitar pukul 9. Setelah melalui penerbangan menuju Jakarta, Batam dan menyeberang ke Singapura, rombongan tiba di Hotel Fragrance. Karena capek saya langsung mengambil posisi untuk tidur, teman saya nyeletuk, " Jauh-jauh ke Singapura cuma untuk tidur? " Saya tersadar, benar juga. " Yuuk kita siap-siap melihat-lihat suasana malam kota Singapura ". Dan hanya dalam hitungan menit kami sudah berada di atas taksi. Untung bisa bahasa Inggeris sedikit sehingga walau sulit masih bisa berkomunikasi dengan sopir taksi yang berdarah " Cina " ? Bahasa Ingggerisnya susah dimengerti karena dialek mandarinnya.
Kami menuju kawasan perbelanjaan 24 jam " Mustofa ", wah rame juga orang belanja walaupun waktu sudah menunjukkan pukul 23.30 waktu setempat. Teman-teman lain sibuk menukar rupiah dengan dollar Singapura. Sedih juga ya, mata uang kita yang Rp. 5000 hanya dihargai sekitar 1 dollar Singapura. Belanja seadanya, sekedar melihat-lihat suasana Singapura di malam hari. " Ah . . tidak jauh beda dengan Jakarta " pikir saya.

Setelah puas atau mungkin kecapean dan ngantuk, kami langsung baik ke hotel, sebab jam 08.00 sudah harus tiba di Raffles Hospital, rumah sakit pertama yang akan dikunjungi di Singapura ( bersambung .....)

Tidak ada komentar: