Kamis, 04 Oktober 2007

RAFFLES HOSPITAL ( bag ke-2 ... )

Tepat pukul 8 pagi wwaktu Singapura kami tiba di Raffles Hospital. Dari luar bangunan rumah sakit tampak seperti hotl berbintang 5 saja. Dari luar tidak tampak kesibukan yang luar biasa layaknya rumah sakit umum di Indonesia. Seorang petugas membukakan pintu utama dan mempersilahkan kami masuk. Di lobi rumah sakit yang luas tampak sebuah piano yang otomatis memainkan lagu instrumental klasik. Dua orang gadis cantik menyapa kami di front office. Oya ... rombongan kami terdiri dari 25 orang, sebagian besar para dokter yang bertugas di RS Wahidin Makassar dan kami sendiri dari Gorontalo, ada juga teman dari Kalimantan, NTT, Kendari, Ampana, dan Papua. Wah ... rame dong. Pimpinan rombongan Prof. Wim Poli dan Dr. Supriyanto dari UI.
Setelah memperkenalkan rombongan kami langsung dipandu untuk mengikuti hospital tour. Kami dibagi menjadi 2 group. Group 1 akan dipandu oleh guide dengan pengantar bahasa Inggeris, dan group 2 dengan guide yang kebetulan karyawan asal Indonesia. " Ah... coba - coba ikut group 1 aja, hitung-hitung sambil mencoba kemampuan bahasa Inggeris walaupun toefl pas-pasan " pikir saya.
Raffles hospital, layaknya suatu hospitel yang berarti rumah sakit didalam hotel atau dapat juga dikatakan hotel dengan pelayanan kedokteran . Dengan 380 TT, klasifikasi kamarnya sama dengan klasifikasi kamar hotel berbintang 5, yaitu suites, single, double, four and six-bed rooms . Dengan konsep ini maka Raffles Hospital dirancang sebagai Hospital with Medical Tourism. Maklum sebagian besar pasiennya adalah para pendatang di Singapura baik sebagai touris maupun yanng sengaja datang berobat. Penataan ruanganpun layaknya sebuah hotel dengan berbagai asesori yang menarik. Di dalam hospital disediakan kamar-kamar yang khusus disediakan untuk para penjaga pasien yang kebanyakan berasal dari negara lain(hotel in hospital) . Hospital ini hanya memperbolehkan seorang penjaga tiap satu pasien. (bersambung ...)

1 komentar:

tutut mengatakan...

wih, seru juga nih kapan-kapan diajak bench marking ke sini, kapan ya.....????
Sayang ya dok, banyak kegiatan yang ga sempat di share ke yang lain lewat blog ini, biar kita nambah pinter dikit, heehehe.....

Go blogger, go!!!!!