Selasa, 25 Maret 2008

SHARED VISION

Martin Luther King, Jr, dalam artikelnya melukiskan “ Saya bermimpi, kami membicarakan seorang pemimpin pada satu titik sejarah dan mencatat bahwa pidatonya tidak satu katapun tentang keadaan saat ini, akan tetapi melukiskan gambaran masa yang akan datang. Ini adalah menepuk cita-cita yang dalam “. Kombinasi antara berfikir aspiratif tentang dimana anda ingin berada dan kemudian secara taktik tentang bagaimana mencapainya, akan menolong mengkristalisasikan visi pada organisasi.
Visi tersebut membimbing kita mencapai yang kita ingingkan " sebuah perusahaan yang dikagumi, menggembirakan pelanggan, menghargai investor, menghadapi tantangan, melayani masyarakat . Dengan visi bersama kita boleh merubah strategi tanpa merubah cita-cita.
Shared vision adalah satu dari empat inti disiplin yang diidentifikasi oleh Peter Senge yang diperlukan untuk membangun organisasi. Shared vision bukan suatu ide, tetapi lebih dari kekuatan hati manusia yang menghasilkan kekuatan. Menggerakkan individu untuk mencapai tujuan. Menghubungkan setiap orang menghimpun kekuatan bersama. Pada level yang sederhana visi bersama menjawab pertanyaan “ apa yang ingin kita lakukan ?” Hanya sebagai visi personal adalah gambaran atau hayalan orang yang membawa dalam kepala dan hati. Visi adalah vital dalam organisasi pembelajar sebab hal ini menyediakan focus dan energy untuk pembelajaran.
Proses belajar individu tidak akan menjamin terjadinya organisasi pembelajar, jika tidak ada komitmen bersama tentang masa depan yang ingin dicapai bersama. Mereka harus sadar bahwa tanpa ada organisasi (tindakan kolektif – bersinergi), pencapaian visi atau perjuangan pribadi akan sulit untuk dicapai. Melalui tindakan kolektif visi pribadi tersebut lebih realistis untuk dicapai.
Seperti misal; perjuangan buruh yang dipimpin oleh Spartacus. Ketika tentara Romawi mencari Spartacus, secara sukarela mereka merelakan nyawanya dengan mengaku sebagai Spartacus. Mereka sadar bahwa gerakan pembebasan buruh dapat diwujudkan melalui tindakan kolektif. Intinya, shared vision adalah terbangunnya komitmen anggota organisasi untuk mengembangkan visi bersama, serta sama-sama merumuskan strategi untuk mencapai visi tersebut.
Tidak satupun organisasi menjadi besar tanpa tujuan, nilai dan misi yang datang secara bersama. Suatu pernyataan visi atau karisma seorang pemimpin saja tidak cukup. Sebuah visi asli lahir dari pembelajaran sebab orang dalam organisasi ingin mencapai tujuan. Apa yang dimaksud dengan menciptakan ? Jawabannya ialah visi anda dan orang-orang secara bersama-sama dibangun .
Visi bersama adalah vital untuk pembelajaran organisasi yang ingin menyediakan fokus dan tenaga bagi karyawannya. Orang-orang belajar terbaik ketika mereka bekerja keras untuk mencapai hal-hal yang berarti bagi mereka, kenyataannya anda tidak mempunyai organisasi pembelajaran tanpa visi bersama. Mencapai tujuan membangun visi tidak hanya dengan komitmen tetapi berfikir dan bertindak.
Organisasi pembelajar adalah usaha untuk membuat organisasi maju dan dapat bergerak cepat. Semua karyawan pada semua level menanggung visi Pada gaya hierarki lama, hanya bos yang membuat keputusan dan sangat lambat. Kerjasama sekelompok diharapkan dan sangat penting, setiap individu harus mempunyai komitmen personal untuk perkembangan dan pertumbuhan dan perubahan untuk menjadi lebih baik.
Apa visi yang ditemukan dalam hati kita ? Menurut WordNet, sebuat visi adalah gambaran mental yang hidup. Dalam konteks ini, hdup berarti seperti kehidupan dan grafis. Berdasar hal ini, dapat disimpulkan bahwa visi adalah sebuah grafis dan gambaran mental seperti kehidupan yang sangat penting pada kita, dipegang didalam hati kita. Visi sering berupa tujuan yang secara individu ingin dicapai. Dalam system thinking bahwa tujuan lebih sering dimaksud adalah tujuan jangka panjang, kadang-kadang dapat menjadi sebuah bintang yang memimpin individu.
Visi bersama dari organisasi harus dibangun oleh oleh visi individu dari para anggota.Apa yang dimaksud oleh pemimpin dalam organisasi pembelajar adalah bahwa visi organisasi tidak diciptakan oleh pemimpin, melainkan, visi harus diciptakan melalui interaksi dengan individu dalam organisasi. Hanya melalui kompromi antara visi individu dan mengembangkan visi-visi tersebut maka visi bersama dapat diciptakan. Peran pemimpin dalam mengkreasikan visi bersama adalah membagi visi masing-masing dengan karyawan. Ini tidak harus dilakukan dengan menekankan bahwa visi atas orang lain tetapi mendorong yang lain berbagi visi mereka . Berdasarkan visi tersebut visi organisasi dapat meningkat.
Refleksi atas visi bersama membawa pertanyaan apakah tiap individu dalam organisasi harus berbagi sisa dari visi organisasi. Jawabanyya adalah tidak, tetapi individu yang tidak membagi visi tidak akan berkontribusi sebanyak pada organisasi. Bagaimana seseorang memulai membagi sisa dari visi organisasi ? Senge (1990) menekankan bahwa visi tidak dapat dijual. Untuk sebuah visi bersama berkembang. Para anggota organisasi harus melebur kedalam visi. Perbedaan antara keduanya ialah melalui keterlibatan anggota organisasi memilih berpartisipasi.
Jika suatu organisasi yang mempunyai visi bersama, kekuatan berubah datang dari yang dikatakan Senge “ Creative Tension “ Ketegangan kreatif adalah perbedaan antara visi bersama dan kenyataan sekarang. Dengan kommitmen yang benar-benar tulus anggota menciptakan Creative tension yang akan membawa organisasi mencapai tujuan..

Diterjemahkan dan disarikan dari beberapa artikel.

Tidak ada komentar: